Kamis, 17 Agustus 2017

Ada Apa Dengan "SEMANGAT '45"...???

Tahun ini tepat pada hari kamis, dirgahayu bangsa indonesia yang ke 72 tahun. Tentunya kita semua berharap bahwa kita akan menjadi bangsa yang rakyatnya semakin sejahtera, sentosa, bertambah dewasa, menjadi negara yang selalu makmur.

Kita selalu mengadakan upacara bendera, menyanyikan lagu indonesia raya dan umbul-umbul merah putih menghiasi jalan dan rumah-rumah, bahkan lomba-lomba diadakan untuk memeriahkannya.


Seringkali kita mengucapkan semangat ’45. Ya, kata ini sudah sangat familiar bagi kita. Namun apa sih arti SEMANGAT ‘45...??? Ada apa dengan SEMANGAT '45...???

Apakah semangat ini adalah semangat yang berkobar-kobar,,,??? Apakah semangat ini adalah semangat patriot...???  

Kenapa bukan semangat 2017..??? toh sekarang tahun 2017...??? atau kenapa bukan semangat 72, karena sekarang umur bangsa indonesia 72 tahun. apakah beda semangatnya dengan semangat ’45...??? padahal sekarang tahun yang teknologinya lebih maju. Padahal sekarang kita berada pada masa yang merdeka. (apa iya kita sudah merdeka...???)

Apa sih arti SEMANGAT ’45...??? apakah semangat ini maksudnya untuk mengingatkan kita semangat para pejuang...?? apa iya semangat ini adalah semangat yang berapi-api, berjuang tumpah darah untuk membela tanah air...???

Jika benar semangat ini untuk mengingatkan perjuangan para leluhur, para pahlawan, apakah para koruptor tidak tersadar akan semangat ini...??? mereka seakan lupa dan bisa dikatakan tidak menghargai pengorbanan para pejuang. Mereka yang semena-mena, belajar untuk menjadi penjajah. Mereka yang menjajah lupa bahwa mereka menjajah di negara sendiri.

Apakah para remaja yang ugal-ugalan, membuat onar dan yang membegal tidak tersadar akan semangat ini...??? apakah mereka yang hanya menghabiskan waktu untuk yang tidak bermanfaat dan mereka yang hanya berdua-duaan tidak tersadar akan semangat ini...???

Kita masih apatis akan hal ini. Bagaimana seandainya jika hari ini kita masih terjajah oleh negara lain...??? bekerja kantoran berdasi rapi dan bersih(kalau diperbolehkan) namun bekerja hanya untuk penjajah, dengan tangan diborgol tanpa istirahat yang cukup. Bekerja dengan kepala yang selalu menunduk.

Bagaimana jika seandainya hari ini kita masih terjajah oleh negara lain...??? apakah masih ada mereka yang ugal-ugalan, membuat onar dan yang membegal ..?? ada, tapi bukan dari remaja kita, tapi remaja para penjajah. Tidak ada canda tawa dari remaja kita.

Lalu...?? Apa iya SEMANGAT ’45 maksudnya agar supaya kita selalu mengingat semangat cinta tanah air para pejuang...??? dengan selalu melaksanakan upacara bendera...??? dengan memasang umbul-umbul...??? dengan mengadakan lomba...??? apa ini maksudnya SEMANGAT ’45...???

Saya kira arti SEMANGAT ’45 maksudnya agar supaya  kita bersyukur kepada Allah Swt. telah memberikan karunianya ialah sebuah kemerdekaan kepada bangsa indonesia, tanah air kita.

Kiranya semangat ini, agar kita selalu bersyukur bahwa tahun ini masih bisa memperingati kemerdekaan indonesia.

Kiranya semangat ini, agar kita semakin bersyukur dengan berbagi dan membantu kepada yang membutuhkan pertolongan. Bahwa kita bisa beribadah dengan tenang.  Agar selalu semangat belajar dan berbuat amal kebaikan.

Dan kiranya SEMANGAT ‘45 ini, mengingatkan kita bahwa untuk merdeka dan sejahtera itu butuh semangat juang yang tinggi, proses, kesabaran, memiliki semangat nasionalisme, dan butuh kerjasama kita semua.


MERDEKA...!!! MERDEKA...!!! MERDEKA...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar